Wednesday, 3 October 2012

Berkenalan dengan Tombol Paste Value



Bagi kita yang sering berkutat dengan Microsoft Excel pasti sering mengisikan angka di dalam cell dengan menggunakan paste value (hanya mengambil angka dari cell lain dan bukan formulanya).
Langkah manual mem-paste value

Langkah-langkah yang sering dilakukan adalah dengan cara manual yaitu :
  • klik kanan pada cell yang akan diisi untuk memunculkan popup menu,
  • klik opsi paste special,
  • klik opsi paste value,
  • klik OK

Untuk menghemat 4 langkah di atas sebenarnya ada cara cepat untuk mem-paste value dengan 1 langkah yaitu dengan mengklik tombol/logonya. Selama ini mungkin kita kurang sadar kalau ada shortcut paste value di MS Excel karena memang pada default tampilannya tombol tersebut tidak ada. Jadi kita perlu memunculkan sendiri Quick Access-nya ke dalam toolbar.

Cara memunculkan tombol Paste Value ke dalam toolbar di MS Excel 2007:
  • Klik kanan pada area Quick access toolbar 
  • pilih opsi Customize Quick access toolbar pada pop up menu
  • Akan muncul pop up window, pada dropdown commands pilih item all commands
  • cari dan klik item paste value
  • klik add button
  • tutup pop up window
Tombol Paste Value di dalam toolbar (bulat warna hijau)


Tombol paste value siap digunakan.

Sunday, 20 May 2012

Kirim surat lewat POS, masih jaman ?



Pertanyaan singkat, kapan Anda terakhir kali menggunakan jasa PT POS. Entah itu untuk mengirimkan surat, paket, mengambil pensiun, atau sekedar membeli perangko dan materai barang kali. Masih ingat dulu saya jaman SMP memperoleh beasiswa dari swasta (PT Indofood) dan pemerintah. Kala itu untuk mengambil bea siwa diharuskan mengambil di kantor POS. Ada juga istilah yang ngetrend pada era 90-an, sahabat pena, sahabat yang nun jauh disana yang kenal hanya melalui surat menyurat.


Kabarnya kini PT POS Indonesia akan melakukan diversifikasi usaha dengan merambah ke dunia perhotelan. Kono kabarnya total aset PT Pos kini mencapai Rp5 triliun di mana Rp200 miliar merupakan aset properti yang luasnya bervariasi antara 500 meter persegi hingga 2.000 meter persegi.

Sudah bertahun tahun saya tidak menggunakan jasa PT POS, hari ini kesempatan itu muncul. Sekedar ingin mengirimkan surat berisi form yang akan dikirimkan ke sebuah perusahaan asuransi, siang ini saya berjalan kaki dari kantor saya yang berada di bilangan Gatot Subroto Jakarta Selatan. Jarakanya cukup dekat, cuman dibatasi oleh sebuah gedung dan jalan tikungan. Ruang kantor POS ini terletak di Gedung Jamsostek, tidak luas cuman sebuah ruangan gudang dan lobby sekaligus tempat pelayanan yang Cuma dibatasi oleh sekat kaca. Pelayanan dari bapak bapak petugas cukup komunikatif. Awalnya saya kira petugas ini jutek semua. Maklum kesan itu selalu timbul saat kita berhadapan dengan petugas pelayanan publik. 

Biaya yang saya keluarkan untuk mengirimkan surat ini cuman Rp 4.500,- dan akan dikirimkan via kilat khusus. Sebenarnya surat tersebut saya antar sendiri gak masalah, akan tetapi melalui POS justru dimudahkan. Tak perlu naik angkutan dan berpanas-panasan menuju tujuan. Kedepannya, saya akan coba memanfaatkan fasilitas PT POS yang lain yaitu pelayanan tiket kereta api. Tadi saya sempat bertanya ke[ada petugas POS. Ternyata di kantor POS juga bisa melayani pembelian tiket kereta api dan confirm tiketnya bisa di-print out di situ juga.

Foto :
Koleksi pribadi blogger

Monday, 12 March 2012

Pertama Kali e-KTP

Saya pernah membaca blog dr teman blogger saya Moi kusman tentang eKTP di Indonesia vs Hongkong. Ternyata kita di Indonesia itu sudah ketinggalan jauh tentang eKTP ya...
Terbukti kemarin Selasa 06 maret 2012 saya dan keluarga kaka baru mendapatkan giliran untuk memproses ektp. Sebelumnya minggu 4 maret 2012 kita dapat undangan dari kelurahan untuk eKTP.
 
Jika dibaca di undangan tersebut orang awam akan beranggapan kalau eKTP diadakan di kantor kelurahan. Akan tetapi kenyataannya eKTP sendiri diproses di kantor kecamatan. Tepatnya kantor Kecamatan bekasi selatan beralamat di Jl. Pulo Ribung No. 1, Pekayon Jaya.

Berikut beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan untuk proses eKTP beserta tips dan triknya :
1. Sarapanlah sebelum datang ke kantor kecamatan, bakalan antri panjang soalnya
2. Berpakaian yang rapid dan sopan. Jangan memakai celana pendek atau kaos oblong. Kan mau foto buat KTP.
3. Datang ke kantor kecamatan dengan membawa surat undangan eKTP dari kelurahan, KTP asli, dan kartu keluarga. Jika undangan jam 8 pagi, datanglah jam 7. Karena akan banyak pesaing Anda.
4. Daftarkan keluarga Anda dengan mengumpulkan surat undangan kepada petugas eKTP. Berlaku first in first out.
5. Sambil menunggu carilah tempat duduk yang nyaman dan bisa mendengar petugas ketika memanggil nama kepala keluarga.
6. Ketika petugas sudah memanggil nama kepala keluarga, masuklah ke dalam ruang tunggu, Anda akan diminta untuk mengantri kembali sambil duduk di kursi yang sudah di sediakan pihak panitia/kecamatan.




7. Secara bergantian Anda akan diminta untuk di foto oleh petugas kecamatan dengan sebelumnya melakukan scan retina dan scan cap tiga jari dan jempol. Terakhir foto, untuk tahun lahir genap berlatang belakang biru, untuk tahun lahir ganjil berlatar belakang merah.

8. Pulang, hati-hati di jalan.  


Foto :
Koleksi pribadi blogger

Sunday, 26 February 2012

Battery BlackBerry Torch


Ini Cuma sekedar info lewat saja.
Tapi saya yakin info ini akan berguna bagi anda yang menjadi BB user, terlebih lagi yang memakaii BB Torch 9800. Untungnya sih BB saya dengan type yang sama belum mengalami drop battery. Masih aman aman saja. Namun tidak salah apabila saya tulis ini untuk suatu saat dibuka kembali saat BB torch yang kita pakai ngedrop batere nya. Karena menurut web yang saya baca, http://www.berryindo.com toko online ini menyediakan accessories original dari RIM alias bukan abal abal.






Untuk battery ORI Torch 9800, dibandrol dengan haraga RP 350.000,- 
Saya belum coba untuk membandingkan harga di mall semisal ITC Kuningan / Ambassador. Tapi buat yang ga sempat cari, mungkin on line shop bisa dijadikan alternatif.

Monday, 20 February 2012

Aktivitas Harian yang Bikin Langsing

Tubuh langsing adalah idaman bagi wanita dan pria yang memperhatikan penampilan mereka. Terlebih lagi bagi mereka sibuk di dunia kerja. Membatasi jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh adalah salah satu cara untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Satu hal lagi yang sangat berkaitan adalah aktivitas kita sehari - hari. Kalo kita mau membuat rumus nya adalah :

Kalor In < kalori Out
jumlah kalori yang kita konsumsi tidak lebih besar dari kalori yang digunakan untuk beraktivitas
Oleh karena itu sangatlah penting untuk menyempatkan berolahraga sesibuka apaapun kita bekerja.

Jadi, aktivitas apa saja bisa membakar kalori lebih banyak? Ini dia,
  1. Berbelanja (1 jam=243 kal)
Shopping dapat membantu kita mendapatkan tubuh langsing. Tanpa kita sadari, saat berbelanja di pasar, supermarket, ataupun mall kita akan berjalan lebih dari satu jam dengan membawa tentengan atau mendorong keranjang belanja. Aktivitas ini dapat membakar kalori sebanyak 243 kalori, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

  1. Beres - beres rumah (30 menit=80 kal)
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi kita yang tinggal di rumah, kosan, appartemen, numpang, nebeng, jangan lupa rajin-rajinlah beberes rumah / kamar / unitmu. Cuci piring, nyapu, ngepel, bebenah tempat tidur dll. Beberes selama 30 menit mampu membakar kalori tubuh sebanyak 80 kalori.
  1. Memasak (30 menit=70 kal)
Memasak bukan hanya hobi wanita. Pria pun boleh melakukannya. Dan ternyata memasak juga membakar kalori. Aktivitas memasak selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 70 kalori. 




  1. Jogging (374 kal)

Tempat bekerja Anda dekat dengan tempat tinggal ? Tidak ada salahnya jika Anda jogging terlebih dahulu setelah bangun tidur dan sholat subuh. Jogging ini membakar 374 kalori.
  1. Bersepeda (220 kal)

Hobi bersepeda tak sekadar membakar kalori, tapi juga menguatkan tulang, otot perut, dan punggung. Aktivitas ini dapat membakar 220 kalori. Kita bisa melakukannya 3-4 kali dalam seminggu.
  1. Naik Turun Tangga

Rumah atau kantor anda bertingkat ? Ini bisa kita jadikan media untuk membakar kalori, karena naik turun tangga selama 30 menit dapat membakar 200 kalori. Jangan gunakan lift di kantor setiap saat.

Teruslah beraktivitas dan dapatkan tubuh ideal yang Anda idamkan.

Sumber :
Duniafitness.com

Foto :
Koleksi blogger
http://rumahku.com/advices/read/17693-Dari-Sinilah-Awal-Mula-Farah-Quinn-Belajar-Masak


Sunday, 5 February 2012

Tentang PILATES

Pilates mulai menjadi trend dalam dunia kebugaran. Namun, muncul pertanyaan dalam benak kita, apakah latihan ini akan tetap populer dalam jangka waktu yang lama?. Latihan pilates menghubungkan fokus pada pikiran dan tubuh yang kuat dalam rangka meningkatkan kekuatan tubuh secara menyeluruh. Inilah alasan kuat yang menjadikan latihan pilates akan tetap bertahan dan bahkan tumbuh dan berkembang dari tahun ke tahun.


Secara umum, latihan pilates berbeda dengan latihan yoga. Latihan pilates masih mempunyai sebuah fokus yang berbeda dan memberikan hasil yang berbeda. Apa yang membuat Pilates berbeda dari Yoga adalah bahwa Pilates lebih terfokus pada menstabilkan dan memperkuat otot panggul dengan dinamis serta keseimbangan antara kekuatan dan kelenturan otot perut. Sedangkan Yoga lebih menekankan pada fleksibilitas pada tubuh.
Tidak seperti banyak program pelatihan lain, Pilates mampu membuat seluruh bagian tubuh terlatih dengan baik. Latihan ini lebih menekankan pada kekuatan, kontrol, ketepatan dan konsentrasi dalam pikiran dan tubuh. Gerakan pada latihan pilates tidak dilakukan dengan cepat atau diulang secara berlebihan, namun lebih berfokus pada kualitas daripada kuantitas latihan. 

Sumber :
www.duniafitness.com
pict healthyorganic.co.za/pilates/

Friday, 20 January 2012

Sudah Makan Buah dan Sayur, Tapi BB belum turun juga ?


Untuk  menurunkan berat badan, makan dalam sehari haruslah 5-6x. Ada yang mengatakan kalau dia sudah meningkatkan metabolisme tubuhnya dengan mencoba mengganti makanannya dengan memperbanyak buah dan sayur. Kemudian ada juga yang mengatakan kalau dia sudah makan 6x, jadi selain nasi dan makan normalnya, untuk snacknya dia memakan oatmeal + buah. Masih banyak sekali kesalahan-kesalahan yang terjadi seperti ini. Mereka mengerti konsepnya tetapi masih salah dalam melaksanakannya.

Berikut adalah table komposisi untuk diet seimbang (menjaga berate bdana yang sudah ideal) dan komposisi program penuruAnda berat badan.
Komposisi Diet Seimbang dan penurunan berat badan

Cara menghitungnya adalah apabila Anda membutuhkan 2000 Kalori sehari. Maka karbohidratnya adalah 40% dari 2000 yaitu 800 Kalori. Apabila 1gram karbohidrat mengandung 4 Kalori maka 800 Kalori adalah 200 gram karbohidrat yang perlu Anda makan dalam sehari. 40% protein dalam sehari berarti 800 kalori berasal  dari protein sebesar 200gram. Yang terakhir adalah 20% lemak dari 2000 Kalori adalah 400 Kalori, sedangkan 1gram lemak mengandung 9 kalori, yang artinya Anda membutuhkan 44gram lemak.

Bayangkan saja kalau Anda makan oatmeal sebanyak 6x, buah, sayur sebanyak itu. Anda tahu bahwa oatmeal adalah sumber karbohidrat yang bagus dan banyak orang mengatakan kalau oatmeal bisa menurunkan berat badan tetapi apabila ternyata yang Anda makan adalah 80% karbohidrat, meskipun itu terbuat dari oatmeal, tetap saja Anda tidak bisa menurunkan berat badan kita. Kelebihan karbohidrat sebagai sumber tenaga utama tetap saja akan disimpan sebagai tenaga cadangan dalam bentuk lemak. Anda lihat apabila perut kita masih belum berkurang ukurannya, itu biasanya karbohidrat yang menjadi masalah. Kebanyakan oatmeal, buah atau bahkan beras merah adalah penyebabnya. Lemak jarang menjadi penyebab utama karena sebagian besar dari kita yang melakukan diet sudah tidak memakan lagi yang namanya gorengan.

Jadi selain memperhatikan apa jenis makaAnda yang sudah Anda makan, perhatikanlah juga komposisi kalori makaAnda Anda. Salah komposisi, diet Anda tidak akan berhasil mencapai tujuan.

Semoga bisa membuka wawasan.
Sumber :
Email dari Denny Santoso, S. Kom, Certified Sport Nutritionist
Tabel summary oleh blog owner

Sunday, 15 January 2012

Tentang DANA DARURAT


 
Dana Darurat adalah salah satu Tujuan Finansial yang sangat penting dalam setiap Rencana Keuangan keluarga. Sebetulnya apa sih yang disebut Dana Darurat dan seperti apa cara mengumpulkannya?

Dana Darurat seharusnya berbentuk sejumlah uang yang mendekati kas, dapat diambil sewaktu-waktu dan duduk manis siap menjadi sandaran dalam kondisi darurat. dalam kondisi darurat. Tentu saja bukan saat ingin berlibur atau ada program SALE di mal ya.

Fungsi Dana Darurat ini bukan sekadar digunakan jika mengalami sakit atau kecelakaan. Tetapi juga jika sampai kehilangan pekerjaan, Dana Darurat dapat digunakan untuk biaya hidup selama beberapa bulan ke depan.

Maka perhitungan Dana Darurat ini biasanya menggunakan asumsi sekian kali biaya hidup bulanan. Misalnya sebagai berikut :



Tentu saja tidak mudah mewujudkan angka sebesar itu. Jadi buat rencana pencapaian Tujuan Dana Darurat secara bertahap untuk 1-3 mendatang. Yang penting wujudkan paling tidak 1x biaya hidup sebagai Dana Darurat.

Dana Darurat ini sebaiknya tidak hanya disimpan dalam bentuk Tabungan. Ini berbahaya. Uang bebas di Tabungan akan membuat kita tergoda untuk menghabiskannya. Jadi buat semacam portofolio berlapis menggunakan produk-produk berisiko rendah.


Dalam kondisi darurat atau tidak memiliki penghasilan, kita dapat menggunakan dana yang ada dalam Tabungan. Jika bulan berikutnya masih  membutuhkan Dana Darurat, barulah mencairkan Deposito, lalu Reksadana Pasar Uang. Emas / Logam Mulia dalam portofolio ini memiliki fungsi sebagai lindung nilai dan akan dicairkan terakhir.


Sudah siap untuk punya Dana Darurat?

Yuk sediakan dulu 1 rekening terpisah untuk menyimpan 1 x biaya hidup bulanan sebagai Dana Darurat kita yang pertama!

Financial Planning is about Planning a Better YOU!

(Artikel ini menjelaskan Langkah ke-9 dari 100 Langkah Untuk Tidak Miskin)
 

Sumber :
Artikel Ligwina Poerwo-Hananto http://ads2.kompas.com/layer/konsultasi/ligwina/tipsapp/detailtips/14
CEO QM Financial – Perencana Keuangan Independen
www.qmfinancial.com
Penulis buku “Untuk Indonesia Yang Kuat – 100 Langkah Untuk Tidak Miskin”

Tuesday, 10 January 2012

Cara Tercepat Menurunkan Berat Badan

Setiap orang pasti berpikir bahwa angkat beban adalah untuk membentuk otot sedangkan kalau ingin mengurangi berat badan, solusinya adalah treadmill atau ikut kelas-kelas seperti aerobic, RPM, dan lain sebagainya. Manakah diantara latihan-latihan tersebut yang membakar lemak lebih cepat? Atau bias dikatakan tercepat?

Berikut penelitian dari Wayne Westcott, Ph. D, terhadap 72 orang yang kelebihan berat badan selama 8 minggu latihan. Para responden dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama melakukan 30 menit latihan dengan sepeda statis. Kelompok kedua melakukan hanya 15 menit sepeda status dan menambahnya dengan 15 menit latihan beban. Hasil dari penelitian terserbut ternyata adalah kelompok yang hanya melakukan latihan dengan sepeda statis, berhasil menurunkan 3.5lbs berat badannya, terbagi atas 3lb lemak yang hilang dan 0.5lb dari otot yang hilang. Disisi lain, kelompok yang melakukan latihan sepeda dan angkat beban, berhasil menurunkan berat badannya sebesar 8lbs, dengan rincian lemak yang hilang mencapai 10lbs dan penambahan berat otot 2lbs.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan angkat beban plus cardio training dalam bentuk apa saja. Lebih baik daripada Anda berpindah-pindah kelas dari RPM dilanjutkan body combat, dilanjutkan yang lain-lain. Disarankan, exercise smarter not HARDER!



Sumber :

Monday, 9 January 2012

Metabolisme Tubuh Optimal akan Bakar Lemak Perut Saat Tidur


Bagi yang masih memiliki kelebihan lemak di perut, mengurangi lemak di perut adalah suatu keharusan agar otot perut yang sudah latih bisa terlihat. Kunci untuk mengurangi lemak berlebih adalah dengan membakar lemak, yang salah satunya bisa dilakukan sewaktu sedang terlelap. Apa memang bisa?

 Lagi-lagi metabolisme beraksi. Hormon-hormon dalam tubuh yang dilepaskan dan kadarnya ketika dilepaskan erat kaitannya dengan tingkat energi, kesehatan, dan kebugaran secara keseluruhan, serta kekuatan. Ketika metabolisme lambat, merasa lemas, fungsi tubuh di tingkat 'rata-rata' dan lemak di perut akan menetap di sana. Namun sebaliknya, ketika metabolisme sedikit lebih cepat, mulai merasa lebih berenergi, fungsi tubuh berjalan lebih baik dan timbulemak yang menutupi perut sixpack juga perlahan-lahan akan berkurang. Saat masuk ke titik di mana metabolisme cepat, maka artinya memiliki tingkat pembakaran energi yang tinggi dan lemak tubuh juga akan terbakar untuk dijadikan energi.

Metabolisme akan terus berfungsi. Metabolisme tubuh selalu bekerja untuk membakar energi dan menjaga untuk bertahan hidup. Metabolisme yang cepat sangat bermanfaat bagi proses pembakaran lemak tubuh. Karena ini berarti ketika duduk tanpa melakukan apa-apa, bahkan tidur sekalipun, tubuh akan tetap membakar kalori tubuh dengan baik!

Metabolisme Tubuh Optimal

Jika berlatih teratur untuk meningkatkan kesehatan, disertai dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat dengan baik, maka memiliki metabolisme yang optimal akan banyak membantu untuk meraih tubuh ideal dan perut sixpack, ditambah kesehatan yang optimal setiap harinya.
 Jadilah Lebih Aktif dan Perhatikan Apa yang Masuk Ke Dalam Tubuh
Selain membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, membantu menjaga berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh akan membantu program diet  untuk menurunkan kadar lemak tubuh dan berat badan berlebih, serta tentu saja membantu  untuk membentuk perut sixpack dengan efektif. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mencapai tingkat metabolisme yang optimal, maka cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mulai berolahraga secara teratur serta menjaga pola diet yang sehat. Aturlah apa saja yang  konsumsi. Mulailah juga melakukan latihan angkat beban. Latihan beban akan membantu  menambah massa otot dalam tubuh, yang berarti membuat membakar lemak tubuh lebih banyak lagi.
Nah, mulai sekarang, tingkatkanlah metabolisme tubuh dan bakarlah lemak tubuh berlebih kapan saja, bahkan ketika  tidur.

Sumber :
Gambar koleksi funny picture dari kontak BBM

Sunday, 8 January 2012

Bahaya Cotton Bud Saat Membersihkan Telinga

Banyak orang yang memilih membersihkan telinga mereka menggunakan cotton bud. Sayangnya jika tak berhati-hati, hal itu bisa menyebabkan bahaya, seperti telinga berdenging atau kelumpuhan saraf di sekitar wajah.

Menurut sebuah penelitian terbaru, lebih dari 50 persen pasien yang datang ke dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) sering memakai cotton bud untuk mengorek kotoran di telinga. Walaupun ujungnya terbuat dari kapas, alat ini tetap berisiko merusak gendang telinga.

Seperti dikutip Healthday, gangguan pendengaran yang umum dialami pemakai cotton bud adalah tinnitus atau telinga berdenging. Sementara wajah yang sulit digerakkan adalah gejala kerusakan saraf yang juga dipicu kerusakan gendang telinga.

Untungnya, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr Ilaaf Darrat, spesialis THT dari Henry Ford Hospital, menunjukkan bahwa 97 persen kerusakan gendang telinga bisa sembuh sendiri dalam waktu rata-rata 2 bulan. Operasi hanya dibutuhkan jika berdampak pada kelumpuhan saraf di sekitar wajah.

Penelitian yang dipresentasikan dalam Combined Otolaryngological Spring Meeting di Chicago ini melibatkan 1.540 pasien yang mengalami kerusakan gendang telinga antara tahun 2001-2010.

Lalu bagaimana cara membersihkan kotoran telinga yang tepat?

Seperti yang dilansir detikhealth, kotoran telinga punya fungsi melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi sehingga tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Tapi kotoran telinga juga kadang mengganggu pendengaran.

Kulit pada saluran telinga luar memiliki kelenjar khusus yang menghasilkan kotoran telinga --dikenal sebagai cerumen. Tiap orang memiliki bentuk cerumen yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk cair, padat atau berupa kulit kering. Warnanya juga bervariasi tergantung pada komposisi.

Sebagian besar saluran telinga dapat membersihkan sendiri, dengan cara lapisan kulit saluran telinga bermigrasi dari gendang telinga ke telinga pembukaan luar. Kotoran telinga yang lama akan terus diangkut dari daerah yang lebih dalam dari saluran telinga menuju keluar, biasanya kering, serpihan dan jatuh. Namun bila kotoran telinga terlalu banyak, sehingga membentuk blok saluran telinga dan mengganggu pendengaran, maka saat itulah kotoran telinga perlu dibersihkan.

Orang akan mencoba menggunakan cotton bud atau tetes telinga bila kotoran telinga terlalu keras. Penggunaan cotton bud baik dilakukan bila keadaan kotoran telinga sedikit cair dan tidak keras. Karena apabila kotoran telinga keras, maka penggunaan cotton bud justru akan membuat kotoran tersebut semakin masuk ke dalam telinga.

Bagi yang menggunakan tetes telinga, sangat penting untuk mengetahui lebih dulu bahwa telinga Anda tidak mengalami perforasi (bocor) gendang telinga. Menggunakan tetes telinga dengan keadaan gendang telinga berlubang dapat menyebabkan infeksi pada telinga tengah, dan jika disertai rasa sakit, nyeri atau ruam, penggunaan obat tetes harus segera dihentikan.

Pada saat seperti ini, dokter mungkin harus membersihkan kotoran telinga keluar (dikenal sebagai lavage), dengan vakum, atau bahkan membersihkannya dengan instrumen khusus. Untuk menjaga kesehatan serta kebersihan telinga, ada baiknya jika Anda mengunjungi dokter THT untuk membersihkan telinga setiap enam bulan sekali.

sumber :
ulasan @detikcom
gambar https://rangkaiannuun1.wordpress.com/2011/05/07/awas-korek-kuping-bisa-merusak-telinga/