Friday 20 January 2012

Sudah Makan Buah dan Sayur, Tapi BB belum turun juga ?


Untuk  menurunkan berat badan, makan dalam sehari haruslah 5-6x. Ada yang mengatakan kalau dia sudah meningkatkan metabolisme tubuhnya dengan mencoba mengganti makanannya dengan memperbanyak buah dan sayur. Kemudian ada juga yang mengatakan kalau dia sudah makan 6x, jadi selain nasi dan makan normalnya, untuk snacknya dia memakan oatmeal + buah. Masih banyak sekali kesalahan-kesalahan yang terjadi seperti ini. Mereka mengerti konsepnya tetapi masih salah dalam melaksanakannya.

Berikut adalah table komposisi untuk diet seimbang (menjaga berate bdana yang sudah ideal) dan komposisi program penuruAnda berat badan.
Komposisi Diet Seimbang dan penurunan berat badan

Cara menghitungnya adalah apabila Anda membutuhkan 2000 Kalori sehari. Maka karbohidratnya adalah 40% dari 2000 yaitu 800 Kalori. Apabila 1gram karbohidrat mengandung 4 Kalori maka 800 Kalori adalah 200 gram karbohidrat yang perlu Anda makan dalam sehari. 40% protein dalam sehari berarti 800 kalori berasal  dari protein sebesar 200gram. Yang terakhir adalah 20% lemak dari 2000 Kalori adalah 400 Kalori, sedangkan 1gram lemak mengandung 9 kalori, yang artinya Anda membutuhkan 44gram lemak.

Bayangkan saja kalau Anda makan oatmeal sebanyak 6x, buah, sayur sebanyak itu. Anda tahu bahwa oatmeal adalah sumber karbohidrat yang bagus dan banyak orang mengatakan kalau oatmeal bisa menurunkan berat badan tetapi apabila ternyata yang Anda makan adalah 80% karbohidrat, meskipun itu terbuat dari oatmeal, tetap saja Anda tidak bisa menurunkan berat badan kita. Kelebihan karbohidrat sebagai sumber tenaga utama tetap saja akan disimpan sebagai tenaga cadangan dalam bentuk lemak. Anda lihat apabila perut kita masih belum berkurang ukurannya, itu biasanya karbohidrat yang menjadi masalah. Kebanyakan oatmeal, buah atau bahkan beras merah adalah penyebabnya. Lemak jarang menjadi penyebab utama karena sebagian besar dari kita yang melakukan diet sudah tidak memakan lagi yang namanya gorengan.

Jadi selain memperhatikan apa jenis makaAnda yang sudah Anda makan, perhatikanlah juga komposisi kalori makaAnda Anda. Salah komposisi, diet Anda tidak akan berhasil mencapai tujuan.

Semoga bisa membuka wawasan.
Sumber :
Email dari Denny Santoso, S. Kom, Certified Sport Nutritionist
Tabel summary oleh blog owner

No comments:

Post a Comment